Breaking News

PELATIHAN PENGURANGAN SAMPAH DARI SUMBERNYA DI KELURAHAN PALANGKA

Selasa 3 Agustus 2021 pukul 09.00 WIB, Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya melakukan Pelatihan di Aula Basara Kelurahan Palangka Kota Palangka Raya, Pelatihan ini bertema Pengurangan Sampah dari sumbernya melalui kegiatan pemilahan, pengomposan, biokonversi (BSF) dan daur ulang (Kerajinan) skala Rumah Tangga.

Pelatihan ini di buka oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya Ir. Achmad Zaini, MP dan di hadiri Lurah Kelurahan Palangka Ellia Agustina, SSTP, M.Si. Kegiatan ini diikuti oleh PKK Kelurahan Palangka, LKK Kelurahan Palangka, Ketua/Pengurus Bank Sampah, dan Perwakilan Ketua RT di Wilayah Kelurahan Palangka.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya menyampaikan bahwa pelatihan ini bertujuan mengajak partisipasi masyarakat, melalui perubahan prilaku (gaya hidup) pengurangan sampah dari sumbernya. Sedangkan manfaat yang didapatkan adalah meningkatnya kualitas pelayanan publik khususnya dalam hal pelayanan penanganan sampah yang efektif dan efesien, serta terwujudnya pemukiman dan wilayah Kota Palangka Raya yang bersih dan berkelanjutan, agar Kota Palangka Raya bebas dari sampah (zero waste).

Selain kegiatan pelatihan ini berbagai inovasi juga telah dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya dalam rangka strategi pengurangan sampah dari sumbernya, antara lain Gerakan Operasi Plastik (Oplas), Kampanye Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik, Sosialisasi dan Publikasi, Aksi Pungut Sampah (Aksi Hayak Marasih Lewu), Aksi Penggunaan Tumbler Pengganti Botol Minum Sekali Pakai, Pembuatan Lubang Biopori Dan Sedekah Sampah.

Rangkaian Kegiatan ini diharapkan mampu berdampak terhadap pengurangan sampah di Kota Palangka Raya, sesuai dengan target di dalam Jakstrada Kota Palangka Raya yang menargetkan pada tahun 2025 bisa mengurangi sampah sebanyak 30% dari total timbulan sampah di Kota Palangka Raya.

Materi pelatihan ini antara lain pilah sampah, pengomposan, biokonversi (budidaya maggot/BSF) dan daur ulang menjadi kerajinan. Pemateri pelatihan ini langsung disampaikan oleh Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) dan Kasubag TU UPT Pengelolaan Sampah Terpadu Kecamatan Pahandut 2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*