Breaking News

SOSIALISASI PENCEGAHAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN TAHUN 2022 DI KECAMATAN BUKIT BATU, 23 MARET 2022.

Pada hari Rabu tanggal 23 Maret 2022 , Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya menyelenggarakan Kegiatan Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2022 di Kecamatan Bukit Batu Kota Palangka Raya.

Kegiatan sosialisasi sebagai upaya penyadartahuan bagi seluruh masyarakat, terlebih yang berada di wilayah rawan bencana KARHUTLA.

Hadir dalam kegiatan Sosialisasi sebagai Narasumber Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (KLHK) Wilayah Kalimantan Kepala BPBD, Kepala Stasiun Meteologi dan Geofisika (BMKG) Palangka Raya. Sebagai peserta hadir Camat Bukit Batu, Lurah lingkup Kecamatan Sabangau, Mantir Adat, Damang Kepala Adat, Unsur masyarakat, Lembaga Keswadayaan Masyarakat, dan Tim Serbu Api Kelurahan (TSAK) dengan total peserta sebanyak 50 orang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dalam sambutan dan arahannya saat pembukaan Sosialisasi menyampaikan bahwa Bapak Walikota telah berkomitmen untuk melakukan pencegahan KARHUTLA di seluruh Wilayah Kota Palangka Raya Tahun 2022 ini, yang salah satunya adalah memberikan edukasi terus menerus kepada masyarakat tentang pencegahan KARHUTLA. Giat upaya pencegahan berupa kegiatan edukasi, sosialisasi, inventarisasi lahan yang terbakar, kesiapsiagaan infrastruktur penyiraman lahan rawan kekeringan serta giat pemasangan himbauan yang melibatkan pelaku usaha, peningkatan peran serta masyarakat dan pemberdayaan.


Ir. ACHMAD ZAINI, M.P
KEPALA DINAS LINGKUNGAN HIDUP
KOTA PALANGKA RAYA

Kegiatan sosialisasi pencegahan ini adalah bagian dari upaya pengendalian kebakaran hutan dan lahan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar turut aktif bersama-sama para pihak menjaga dan mengolah tanahnya,  melakukan pemantauan dan tindakan dini dalam upaya pemadaman bila terjadi kebakaran, agar api bisa ditanggulangi sebelum membesar. Seluruh elemen masyarakat diharapkan waspada dan melakukan pencegahan dini saat memasuki musim kemarau. Berdasarkan informasi dan data dari BMKG sampai dari bulan April sampai bulan Juni 2022 cuaca Kota Palangka Raya masih dipengaruhi oleh La Nina sehingga cenderung basah. Musim kemarau diperkirakan pada bulan Juni 2022 dan puncak pada bulan Agustus 2022. Prediksi cuaca dari Kepala Stasiun BMKG diharapkan seuruh elemen masyarakat Kota Palangka Raya harus waspada KARHUTLA.

        

Kebakaran Hutan dan Lahan tidak bisa hanya ditangani oleh satu institusi saja, namun harus dilakukan secara bersama untuk mengambil peran masing-masing baik itu pemerintah, swasta maupun masyarakat. Lurah dan Camat sebagai ujung tombak diberikan tugas untuk melakukan edukasi pemahaman tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan khususnya di Kota Palangka Raya yang wilayahnya sebagian besar adalah Gambut.

Rangkaian giat Kegiatan sosialisasi pencegahan Karhutla ini akan dilanjutkan dengan Pelatihan Pembukaan dan Pengolahan Lahan Tanpa Bakar (PLTB) di Kecamatan Jekan Raya pada tanggal 30 Maret 2022.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*